Mengungkap Pesona Keindahan Dibawah Langit

Home » , , , » MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN SRAGEN

MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN SRAGEN








        Museum purbakala sangiran , tempat belajar manusia purba ,Tempat wisata terindah - dulupada waktu SMP saya masih inget betul pelajaran sejarah yang mengupas tentang manusia purba. dalam pelajaran dulu ada beberapa lokasi penemuan fosil manusia purba yang terkenal seperti Trinil.sangiran,wajak,dll . Nah ,lokasi tempat wisata yang akan kita bahas kali ini sangat erat kaitanya dengan penemuan fosil manusia purba tersebut yaitu disangiran .sangiran merupakan sebuah daerah yang masuk dalam kabupaten sragen ,Jawa Tengah .banyak orang yang berfikir bahwa museum purbakala sangiran berada di Solo, padahal tidak. Hal itu dikarenakan selama ini tempat wiata Museum purbakala sangiran selalu dipaketkan dalam tur wisata solo dan sekitarnya.Memang kota solo yang merupakan kota yang berdekatan dengan sragen memiliki potensi wisata yang sangat besar ,sehingga dapat mendorong kunjungan wisata didaerah di sekitarnya seperti klaten , sukoharjo,karanganyar,wonogiri,dan sragen. berikut adalah sekilas tentang museum purbakala sangiran yang merupakan tempat wisata untuk belajar tentang manusia purba .

museum purbakala terletak di Ds.krikilan kalijambe , sragen,jawa tengah ,indonesia. lokasi ini berada sekitar 20 km dari kota solo kearah utara .

Eksplorasi fosil manusia purba di sangiran di mulai pada tahun 1883 oleh P.E.C Schemulling. kemudian dilanjutkan oleh Eugene Dubois meskipun tidak terlalu intensif. penelitian baru mulai diintensifkan oleh Gustav Heinrich Ralph Von koeningswald pada 1934. Penelitian tersebut dilakukan karena pada kawasan sangiran telah banyak ditemukan fosil manusia purba oleh masyarakat sekitar. Fosil yang ditemukan misalnya yaitu ;pithecantropus erectus, meganthropus.palaeojavanicus dan berbagai fosil binatang. Pada tahun 1997 pemerintahan indonesia menetapkan kawasan sekitar sangiran yang luasnya 56 km 2 sebagai daerah cagar budaya ,kemudian pada tahun 1998 didirikan museum sederhana dilokasi kawasan sangiran .pada tahun 1996 situs sangiran ditetapkansebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. samapai saat ini pembenahan terus dilakukan oleh pemerintah dan museumpurbakala selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung lokal maupun mancanegara yag ingin mengenal sejarah manusia purbakala di sangiran ini.

koleksi musium purbakal sangiran ...
 selain fosil manusia purba .dipamerkan juga berbagai fosil binatang purba , anara lain fosil gajah purba yang terdiri dari Elephas namadicus , stegodon trionocephalus, mastodon sp, kerbau (Bubalus palaeokarabau ),harimau(felis palaeojavanica),babi(sus sp),badak(Rhinocerus sondaicus),sapi atau banteng (Bovidae),rusa(Cevus sp),serta kuda nil (hippopotamus sp).ada juga fosil binatang binatang air yang terdiri dari buaya ( Crocodillus sp),iklan, kepiting , gigi iklan hiu , moluska (pelecypodo dan gastropoda),kura kura (chelonia sp).
Tiket masuk museum purbakala sangiran 
 museum purbakala sangiran mulai dibuka untuk pengunjung sebagai tempat wisata mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. jika anda mau mengunjungi tempat museum ini anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak ,anda dapat membayar dengan uang senilai Rp.5.000,- dan Rp 7.500,- untuk wisatawan mancanegara . cukup murah bukan .


 Dimusium sangiran sragen ini selain digunakan untuk tempat menampung dan memamarkan benda koleksi, museum sangiran juga terdapat berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung , museum sangiran sudah terdapat gapura masuk museum dan loket masuk, kawasan, parkir ,ruang pameran,audeo visual, mess peneliti ,gardu pandang sangiran ,kios kios penjual cindramata .gardu pandang sangiran digunakan untuk para peneliti yang sedang mengadakan study dimuseum purbakala sangiran .buat para wisatawan jangan kuatir kalau anda pulang tidak bawa apa apa. disana ada  kios cindramata yang bisa ada jadikan untuk buah tangan buat yang dirumah . disangiran menyediakan berbagai macam souvenir dari sangiran seperti kalung,gelang,cincin,kacamata, replika manusia purba dll.

Berikut foto foto yang diambil dari museum sangiran sragen ,Jawa Tengah :

FOTO KEPALA BINATANG 
















FOTO MANUSIA PURBA















FOTO BINATANG PURBA














Popular Posts