Mengungkap Pesona Keindahan Dibawah Langit

Home » , » Sejarah Museum Pabrik Gula Gondang, Klaten

Sejarah Museum Pabrik Gula Gondang, Klaten


        Kota Klaten merupakan kota yang berada ditengah-tengah kota Solo dan Yogyakarta. Kota yang berslogan “Klaten Bersinar” ini memiliki banyak tempat wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Apabila kita ingin berkunjung ke kota Klaten ini melewati Jalan utama Jogja-Solo kurang lebih di 4,5 km akan terlihat bangunan bekas Pabrik Gula yang bernama Gondang Winangoen. Dan tampak juga tumbuhan pohon beringin yang rindang menandai lokasi ini. Diberi nama Gondang Winangoen diambil dari kawedanan nama dari pabrik tersebut didirikan.

       Musium gula Gondang Winangun adalah satu satunya musium gula di asia tengara .musium ini memiliki jam buka dari jam 08.00 – 13.30 . Sedankan hari jumat dan sabtu, musium ini hanya dibuka  jam 11.00 sampai 12.30 .dihari minggunya musium ini tutup untuk umum 

      Untuk tiket masuknya sendiri pengelola musium membuka harga dengan bandrol harga tiket masuk yang sangat murah, tidak perlu membayar mahal cukup dengan membayar uang senilai Rp.5000,-  saja anda dapat melihat keindahan tempat tersebut. Sedangkan untuk turis mancanegara senilai Rp 10.000,- anda sudah bisa berlibur dan menikmati pemandangan serta pengetahuan dimusium gula ini. Pertama masuk dimusium ini anda akan disuguhkan dengan peta semua perkebunan gula di daerah Jawa Tengah. Yang masih aktif maupun tidak aktif sekaligus disana anda juga akan diperkenalan cara cara menanam tebu serta proses penanamannya.tidak lupa beberapa alat sederhana yang berfungsi untuk bercocok menanam tebu hingga alat untuk memanen tebu juga dipaparkan dimusium gula ini. 
          Ada juga beberapa mesin sederhana yang digunakan untuk menakar kualitas gula dan untuk menimbang tebu yang ada bisa lihat dimusium ini. Ada satu lagi yang menjadi daya tarik seorang pengunjung yang wajib dicoba, Yaitu lokomotif kereta api mini pengangkut tebu yang masih berfungsi sampe saat ini .
Bagi yang ingin berkeliling disekitar area pabrik gula gondang winangoen ini bisa dengan naik kereta api ini. Tidak usah bayar mahal-mahal cukup membayar dengan bandrol uang senilai Rp,75.000,- saja, dan kabarnya musium ini mempunyai luas bangunan 240 meter persegi.
        Di pabrik gula gondang winangun ini  juga terdapat wisata air yang namanya Green Park . wisata ini juga tidak kalah menariknya dengan wisata-wisata air lainnya. Disana terdapat mainan anak-anak dan wahana-wahana bermain yang sangat lengkap. Tidak bakal menyesal deh jika berkunjung dan berwisata ditempat ini.
Tempat ini cocok juga buat hunting foto dengan tema masa lalu. Mengingat jaman dulu transpotasi dengan mengunakan kereta api kuno. anggap saja disana kenangan untuk bernostalgia .
Musium gula yang tempatnya strategis. Membuat musium ini bisa dengan mudah sekali anda temukan . Terletak hanya  sekitar 10 kilo meter kearah  timur dari ujung Candi Prambanan .
       Terdapat air mancur yang begitu indah dan memukau untuk dilihat pada malam hari,
karena ada lampu yang indah memancarkan cahaya, di sekitar air mancur tersebut terdapat tempat yang bisa untuk istirahat sejenak untuk menikmati suasana di sekitar air mancur karena di sekitar area tersebut ada tempat duduk yang dapat anda singgahi untuk sejenak beristirahat atau untuk berwisata pada malam hari, tempat tersebut begitu nyaman dan sejuk, karena terdapat banyak pepohonan yang begidu rindang dan menyejukkan untuk beristirahat pada siang hari ketika anda berkunjung di tempat tersebut.
         Takusah kawatir dengan kendaraan anda, karena di sekitar tempat tersebut terdapat beberapa titik tempat parkir yang cukup aman dan strategis untuk menitipkan kendaraan anda,






Popular Posts