Mengungkap Pesona Keindahan Dibawah Langit

Home » , » Umbul Jolotundo Klaten

Umbul Jolotundo Klaten

     Pemandian Jolatundo, tetapi warga sekitar lebih suka atau terbiasa menyebut dengan nama umbul jolotundo, umbul jolotundo terletak tak  jauh dari pusat Kota Kabupaten Klaten Jawa Tengah,yang beralamat Jln. Jatinom-Klaten Desa Jambeyan, Karanganom, Klaten.
         Objek wisata ini sudah sangat terkenal di Jawa, banyak orang dari luar kota yang berkunjung karena tempatnya  masih terjaga ke asrianya, pohon-pohon yg rindang menambah suasana menjadi sejuk dan nyaman. Fasilitas yang tersedia cukup memadahi seperti, kolam renang yang luas, dengan kedalaman yg berfariasi dari 1/5 meter sampai kedalam 3 meter, tempat parkir yang luas, kantin, kamar mandi, dll. Biaya masuk sangat terjamin untuk semua kalangan, hanya Rp. 5000 dan parkir Rp. 2000 untuk hari biasa, dan Rp.4000 dan parkir Rp. 2000 untuk akhir pekan(weekend).
           Di objek ini mempunyai sebuah mitos, kata sesepuh desa, dahulu kala ada seaorang kyai yang kelaparan tetapi tidak mempunyai makanan, lalu beliau pergi menangkap ikan di sungai dengan membawa jala, di saat perjalan beliau tak sengaja menemukan sebuah mata air yang jernih (orang jawa sering menyebut dengan nama umbul), mandilah beliau di umbul tersebut. Karena beliau keasikan mandi, beliau lupa dengan rasa lapar dan lupa untuk menjala ikan, Saat itu juga beliau memberi nama mata air itu dengan nama umbul jolotundo, yang diambil dari kata jala dan tunda. Karena orang jawa terbiasa dengan vokal “A” menjadi “O” jadilah kata jolotundo.
        Di Jawa ada sebuah tradisi, setiap menjelang bulan Ramadhan, orang jawa selalu melaksanakan tradisi “PADUSAN” (mensucikan diri sebelum bulan Ramadhan). Tradisi ini sudah turun temurun dari sesepuh orang jawa. Jika tidak melaksanakan padusan, rasamya belom afdol untuk melaksanakan bulan suci Ramadhan.
     Disamping itu juga, anda yang sedang berkunjung di umbul jolotundo tak usah khawatir akan kehausan dan kelaparan karena di sekitar kolam berjejeran warung makanan dan penjual beranekaragam makanan dan minuman, Disini juga sering digunakan untuk latihan berenang dan menyelam, di sepanjang kolam tersebut mushola yang nyaman juga telah di sediakan, lokasi umbul jolotundo ini mudah di cari karena dekat dengan jalan raya,  atau bisa anda cari dengan menggunakan Gps ataupun Google Maps, jika belum menemukan tempat ini, anda juga bisa bertanya kepada penduduk sekitar, karena penduduk sekitar sangat ramah. 
        Di Umbul Jolotundo juga terdapat beragam jenis ikan yang ada di kolam tersebut, cocok juga untuk anda yang hobi untuk berfoto di dalam air, karena di dalam kolam umbul jolotundo tak kalah bagusnya dengan pemandian-pemandian yang ada di sekitar daerah tersebut, walaupun terdapat beragam jenis ikan, air disini tidak berbau  apalagi kotor, karena umbul jolotundo ini mempunyai sumber mata air yang sangat bersih dan jernih cocok untuk menghilangkan penat lelah dalam kegiatan sehari-hari, di dasar kolam terdapat bebatuan, pasir dan lumut yang hijau terpantul sinar matahari dari atas melalui celah-celah pepohonan yang berada di sekitar area pemandian tersebut, sungguh pemandangan nan indah, disamping itu pula terdapat pepohonan yang sangat rindang dan eksotis menambah kesan alamnya, jika anda berkunjung di klaten ayo, sempatkan anda berwisata di pemandian umbul jolotundo ini.

Popular Posts