Mengungkap Pesona Keindahan Dibawah Langit

Home » , » Umbul Gedaren Klaten

Umbul Gedaren Klaten

     Umbul gedaren .umbul ini terletak di gedaren kecamatan jatinom kabupaten klaten. Di setiap tahunnya umbul ini mengadakan tradisi yaitu bersih desa mengurus umbul. Tradisi tahunan itu juga dimeriahkan oleh pagelaran wayang kulit berjudul Baratayudha Joyobinangun dengan dalang Ki Asem asal Karangnongko. Kegiatan ini mengharapkan agar kondisi Umbul Gedaren selalu bersih sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.
Diumbul gedaren ini memiliki ukuran kurang lebih 17 meter x 60 meter, dan kedalaman umbul itu bisa mencapai 2 meter kalau anda berenang semakin keutara (atas) dan buat yang belom lancar berenang lebih baik berenang agak ke selatan (bawah) saja. Guna menangulanggi adanya sesuatu yang tidak ingi terjadi. Dan di umbul itu memiliki 2 sumber air. Umbul ini mampu mengaliri sawah seluas 20 hektar.''cukup bagus bukan ??''.
Selain unttuk mengairi sawah umbul ini juga bergun untuk mencuci dan berendam. Air yang ada di Umbul Gedaren tersebut juga diyakini memiliki kandungan Mineral cukup tinngi. Jadi !! buat para kaula muda yang ingin menikmati kesegaran dalam berenang jangan sungkan-sungkan untuk berkunjung di Umbul Gedaren ini. Untuk masuk anda tidak perlu membayar, cukup hanya membayar parkirnya saja . Jadi!! jangan khwatir klo anda memakai kendaraan disana. Sudah dijamin keamanannya  oleh tukang parkir yang ada disana.                                                          
Melihat pentingnya keberadaan umbul, pada tradisi leluhur patut di pertahankan kalau melihat kondisi fisik umbul bersih. Otomatis pengunjung juga ikut senang, intinya hanya untuk membersihkan dasar umbul .begitu umbul sudah bersih umbul diisi lagi airnya dengan( pintu saluran pembuangan air kembali di tutup). dan diumbul gedaren ini tidak pernah surut volome airnya kendati berlangsung musim kemarau. Umbul gedaren ini juga sudah diyakini umumnya sudah ada sejak jaman nenek moyang. Begitu banyak sejarahnya yang ada di umbul gedaren ini. Kita sebagai penerus nenek moyang kita sepantasnya umbul ini dirawat dan dipertahankan kebersihannya agar bisa bertahan sifat kealammiannya. (lestarikan dan budayakan alam kita ini agar selalu tetap indah dan bermanfaat untuk kita semua )
    Di umbul gedaren ini cocok untuk anda penikmat ketenangan, karena di tempat ini suasananya sangatlah nyaman, dikarenakan terdapat beberapa pepohonan yang begitu rindang. Takhanya itu, di Umbul Gedaren terdapat beberapa patung yang menghiasi sudut-sudut umbul tersebut yang dalam sudut pandang sangat Eksotis, karena air di umbul gedaren sangatlah jernih, dikarenakan kolam umbul gedaren adalah sumber mata air penduduk setempat, konon di percayai umbul gedaren airnya dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit,
di umbul gedaren tak usah khawatir akan kelaparan, karena di sekitar area umbul daren terdapat warung-warung yang menjajakan makanan yang harganya tidak menguras kantong anda, disamping itu juga, umbul gedaren mempunyai lahan parkir yang aman dan luas, jadi anda tak usah khawatir akan kendaran anda. 

Popular Posts