Mengungkap Pesona Keindahan Dibawah Langit

Home » » Gua Pancur

Gua Pancur

Gua Pancuran
Gua pancur yang merupaka pesona wisata kayen , Pati Jawa tengah yang menyimpan sejuta pesona tersendiri bagi wisatawan  meski kondisinya sekarang tidak terawat , akan tetapi Gua pancur bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Pati.

Akan tetapi sekarang Gua pancur sekarang menjadi kurang terawat , pada saat tim wisata alam mencoba menyambangi Gua pancur , sontak mereka sangatlah kaget , karena Gua pancur merupakan salah satu mutiara yang terpendam di Pati.

Bahkan ,danau yang berada di depan Gua yang dulunya indah sekarang mulai ditumbuhi rerumputan liar dan alang-alang yang tinggi sehingga sekarang tidak terpakai selayaknya , Gazebo yang dulunya digunakan untuk menikmati danau buatan sekarang tidak berfungsi secara baik , serta bukit-bukit yang dulu digunakan untuk menikmati oemandangan sekarang me jadi tempat untuk nongkrong kaum muda-mudi

Begitulah fakta–fakta tentang Gua pancur sekarang ini , keelokan dan kecantikan gua pancur dimanfaatkan kalangan untuk berpacaran ria ,meski demikian ,saat ini gua pancur diirawat dan dijaga oleh sekelompok komunitas lokal yang menyebut dirinya ‘’Gosong Community’’


Hadirnya komunitas yang mengusung jargon ‘’solidaritas tanpa batas’’ ini menjadi altermatif non pemerintah dalam merawat , menjaga , dan melestarikan eksistensi gua yang punya kealaman sekitar 900 meter atau 1 km

Panduan wisata gua pancur  , berikut ini tips dan panduan berpariwisata di gua pancur .
Pertama , yang harus kita lakukan adalah persiapan kendraan mobil atau sepeda motor , yag jelas jalan menuju lokasi wisata sangat sempit saat memasuki perkampungan jimbaran

Meski sempit , tetapi jalan ini cukup bisa untuk dilewati satu mobil .Pasalnya , sampai saat ini gua pancur seringkali di jadikan bagi murid-murid dan siswa-siswi untuk berwisata menggunkan kereta mini
Kedua , siapkan bekal makanan dan minuman , serta uang atau biaya pelesiran secukupnya . kalau tidak mau repot membawa bekal , tenang saja , disana terdapat sejumlah warung yang menyediakan berbagai ragam makanan dan minuman , juga ada pedagang aseongan seperti bakso pentol , siomay maupun batagor
Untk makan di warung tidk memerlukan biaya banyak , cukup dengan . Rp25.000.00 anda sudah bisa makan dengan perut kenyang ,dan anda bisa membawa bekal sendiri dan memakanya di gazebo-gazebo yang disediakan oleh pengelola tempat wisata  ,
Ditengah-tengah kedalam goa , terdapat sumber mata air hangat yang konon bisa digunakan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit . meski tidak terbukti secara klinis ilmiah , tetapi masyarakat mempercayai khasiat mandi air hangat di gua pancur .
Jika anda bertanya berapa kira0kira biaya untuk berwisata ke gua pancur , kami akan mengakumulasikan biayanya , kami asumsi anda berangkat dari pusat kota Pati yang jaraknya sekitar 16km , untuk pulang pergi menggunakan sepeda motor dengan 10.000 sudah bisa untuk PP jika kendaraan bermotor anda masih standart pabrik , kami kira dengan membeli 4 lier bensin sudah lebih dari cukup , jika anda memakai mobil cukup dengan 100.000 sudah bisa untuk pp
Jangan kaget , karena di dalam perut gua pancur terdapat banyak makhluk hidup yang hidup didalamnya yang berkeliaran disiang dan malam hari . apa itu kelelawar! Yaps, betul sekali , anda mendapat nilai 100
Masuk di destinasi wisata tersebut tidak dipungut biaya retribusi maupun parkir , yaps masalahnya pemerintah kabupaten tidak melakukan managemen dan pengelolaan yang baik sehingga terkesan sepertinya bukan obyek wisata . kami kira itu seputar tips dan panduan berwisata di gua pancur pati

Popular Posts