Mengungkap Pesona Keindahan Dibawah Langit

Home » , » Wisata Alam Clongop, Klaten

Wisata Alam Clongop, Klaten



            
      Melihat Kota Klaten dari ketinggian. Clongop merupakan wisata alam yang masih asri yang berada di perbatasan antara kota Klaten dan Gunung Kidul. Bukit Clongop adalah nama suatu tempat di wilayah Watugajah Gedangsari. Terletak di sebelah utara kecamatan Gedangsari kira-kira berjarak 3 km dari kota kecamatan Gedangsari, atau berjarak 3 km kearah selatan dari balai desa Watugajah. Tempat ini  dihubungkan dengan jalan beraspal  jalur transportasi yang menghubungkan wilayah Gunungkidul dengan wilayah kabupaten Klaten. Untuk menuju ke tempat ini tidaklah sulit, karena dengan kendaraan roda 2 atau 4 kita bisa  menjangkaunya. Tempat ini pertama kali merupakan jalur akses warga sekitar, namun karena pemandangan yang menakjubkan pemerintah sekitar melakukan renovasi besar besaran, di mulai dari pembuatan terasering dan perbaikan jalan. Jalan yang berada di lereng Gunung Kidul ini sekarang sudah beraspal mulus, dulu hanya bebatuan yang diratakan sekarang bagaikan lintasan sirkuit di eropa hehehe, Sekedar di ibaratkan saja yaaa. . .

          Untuk dapat menuju tempat ini kita membutuhkan waktu 30 Menit dari Pusat kota Klaten. Sebelum menuju pegunungan kita akan disuguhkan pemandangan yang eksotis. Pegunungan dari dataran rendah yang begitu memukau, karena letaknya yang tinggi maka dinamakan Clongop. Menurut  bahasa Jawa clongop berasal dari istilah tansah angop (menguap). Atau bisa juga berasal dari kata clong-clongan kemudian angop yang artinya setelah kita jalan-jalan kemudian istirahat melepas penat kemudian kita menguap dikarenakan mengantuk. Memang dahulu waktu jalan ini belum dibangun seperti sekarang, untuk menuju ketempat ini kita harus berjalan kaki yang melelahkan karena letak tempatnya di ketinggian bukit yang pada waktu itu belum bisa dijangkau kendaraan bermotor hanya dapat dituju dengan berjalan kaki.
         Tidak sampai disitu waktu menuju ke puncak Clongop disekitar jalan yang sekarang sudah bagus untuk dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat, masih terasa suasana pedesaan. Pohon pohon rindang yang hijau masih dipelihara dengan baik, apalagi pemerintah sudah membuat larangan untuk tidak merusak atau mengambil dedaunan dan ranting di sekitar Clongop.
         Pada hari minggu atau libur bukit Clongop Gedangsari  ini banyak dikunjungi orang, baik kaum remaja, anak-anak atau orang tua terutama pada sore hari untuk refresing atau ingin melepaskan lelah, tak ketinggalan para komunitas pothograper yang ingin mengambil momen pemandangan yang indah. Meskipun di bukit ini identik dengan wilayah longsor namun pemandangannya sangat indah. Udaranyapun sejuk, lebih-lebih dikala sore hari atau setelah pulang dari bepergian  kita bisa melepas penat sejenak, sambil duduk di atas talud yang dibangun oleh pemerintah untuk menanggulangi longsor, kita  bisa memandang kearah utara. Dimana tampak cekungan yang terbuka menyerupai orang angop dengan beberapa rumah penduduk dan hamparan sawah yang luas. Kalau kita memandang kejauhan tampak obyek wisata Rowojombor dan gunung Bayat di daerah Klaten.
               Oh iya ada yang lupa, tempat ini asik untuk berbincang-bincang dengan keluarga, teman, atau mungkin pacar  hehehe.
hanya sekedar intermesso saja buat para pembaca Ngulik Yukk
Menikmati angin yang sepoi-sepoi, menikmati keindahan kota dari ketinggian puncak Clongop uiihhhh membuat hari libur atau mungkin weekend anda lebih seru dan menyenangkan  kerenkan... Ini adalah momen yang tidak kalah untuk dilewatkan.
Mendapatkan pict dengan tema sunset ( Matahari Terbenam, Biar kelihatan gak kampungan pakai kata Sunset, Hihihih )
Untuk dapat menuju puncak Clongop kita tidak harus memikirkan soal biaya dikarenakan untuk menuju puncak clongop tidak terkena biaya objek wisata . Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam hanya saja  kami sarankan agar anda membawa bekal dari rumah untuk dinikmati bersama keluarga, teman atau mungkin pacar agar lebih soo sweat gituu.. hehehe. Biaya hemat akses mudah apalagi yang anda tunggu pembaca Ngulik Yukk silahkan kunjungi puncak Clongop selamat mencoba


 

Popular Posts